Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Urutan Performa GPU VGA Nvidia, AMD dan Intel Update 2019

Perangkat grafis GPU (Graphic Processing Unit) pada komputer desktop atau laptop saat ini didominasi oleh tiga pabrikan besar yaitu Nvidia, AMD, dan Intel. Produk GPU buatan Nvidia yang sangat terkenal yaitu Geforce dan Quadro. AMD dan Intel yang sukses dengan produk CPU-nya, juga punya brand GPU yang juga sangat populer, masing-masing AMD Radeon dan Intel Graphic.

GPU AMD dan Nvidia banyak diproduksi dalam bentuk kartu grafis atau biasa dikenal VGA card. Dua GPU ini sering digunakan untuk keperluan yang membutuhkan kualitas tampilan tingkat tinggi seperti bermain game modern dan desain grafis. Beberapa brand kartu grafis yang menggunakan GPU Nvidia dan AMD diantaranya Asus, Gigabyte, MSI, Zotac, Power Color, dan EVGA.

Sedangkan GPU Intel lebih banyak digunakan untuk perangkat grafis terintegrasi (IGP, Integrated Graphic Processing). IGP biasa disertakan dalam chipset motherboard atau terpasang langsung dalam CPU. Bisa dibilang IGP ini merupakan solusi untuk kebutuhan standar tanpa harus membeli kartu grafis terpisah.


Nvidia vs AMD vs Intel

Ada banyak produk GPU Nvidia, AMD, atau Intel di pasaran. Serinya pun cukup beragam. Baik AMD, Nvidia, dan Intel punya fitur atau keunggulan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan GPU Nvidia, AMD, dan Intel yang banyak dirasakan oleh pengguna PC

Nvidia
Kelebihan Kekurangan
  • Merk/brand paling populer
  • Dukungan vendor dan developer yang luas
  • Performa game sangat baik
  • Teknologi canggih
  • Harga lebih mahal
AMD
Kelebihan Kekurangan
  • Harga jauh lebih murah
  • Performa mining cryptocurrency sangat baik
  • Teknologi canggih
  • Agak boros daya listrik
Intel
Kelebihan Kekurangan
  • Gratis (sudah termasuk dalam chipset/CPU Intel)
  • Cocok untuk kebutuhan standar
  • Performa game tidak terlalu nyaman
  • Kurang cocok untuk kebutuhan yang perlu performa grafis tinggi

Dalam artikel ini, Tekno Jempol akan membahas beberapa GPU dari Nvidia, AMD, dan Intel yang banyak di jumpai di pasaran. GPU yang dibahas hanya yang diproduksi 3 tahun/generasi terakhir. Tentu GPU tersebut tergolong baru.

Berikut ini daftar GPU Nvidia, AMD, dan Intel yang akan dibahas

Nvidia AMD Intel
  • Geforce
    • Seri 10 (Pascal)
    • Seri 20 (Turing)
  • Quadro
    • Arsitektur Pascal
    • Arsitektur Volta
    • Arsitektur Turing
  • Radeon
    • Seri 500
    • Seri Vega
    • Seri VII
    • Seri 5000
  • Radeon Pro
  • HD/UHD
    • Arsitektur Kaby Lake
    • Arsitektur Coffee Lake
  • Iris Plus
    • Arsitektur Kaby Lake
    • Arsitektur Coffee Lake
GPU yang dibahas, bukan saja untuk PC desktop tapi juga versi mobile/untuk laptop.

Urutan Performa GPU AMD, Nvidia, dan Intel Update Tahun 2019

Berikut ini, Tekno Jempol memberikan daftar tingkatan kinerja GPU Nvidia, AMD, dan Intel terbaik tahun 2019 versi desktop dan laptop (sesuai uraian di atas). Daftar ini dibagi per urutan ranking. Ranking tertinggi menunjukkan kemampuan kinerja dari GPU Nvidia, AMD dan Intel. Jika memiliki ranking yang sama, berarti GPU tersebut memiliki tingkat kinerja yang serupa atau setara.
Daftar GPU ini juga dibagi berdasarkan segmentasi atau kelas pengguna. Selain itu, disusun secara hierarki dengan bentuk perbandingan berdasarkan tingkat kinerja efektif dan potensi kinerja khususnya untuk kinerja gaming.

Kelas Low-end/Entry level

Ranking Desktop Laptop
Nvidia AMD Intel Nvidia AMD Intel
1 RX 550, Vega 11
2 GT 1030 RX Vega 8 MX 150-0, 150-2, 130 Vega 6, 10 Iris Plus 650, 640
3 Vega 3 UHD 630
HD 630, 610
UHD 620
HD 620, 615

Jika kalian perhatikan, kelas low-end ini didominasi GPU terintegrasi atau IGP. Tentu saja karena IGP merupakan solusi tampilan grafis paling murah bagi pengguna yang tidak membutuhkan kinerja tinggi. IGP ini tentu dapat ditemukan pada CPU AMD/Intel modern.

Untuk pekerjaan yang tidak terlalu berat seperti membuat dokumen, browsing, memutar musik dan video atau sekedar bermain game bawaan OS sudah sangat cukup hanya menggunakan GPU ini. Sebetulnya, GPU ini juga mampu untuk bermain game yang agak berat atau mengerjakan desain/editing grafis namun dalam resolusi yang rendah.

Kelas Mid-end/Mainstream

Ranking Desktop Laptop
Nvidia AMD Nvidia AMD
1 RTX 2060-6GB RTX 2070 Max-Q
2 GTX 1660-Ti

2 GTX 1660 RX 590 GTX 1070 Max-Q
3 GTX 1060-6 GB, -3 GB RX 580 GTX 1660-Ti
4 RX 570 GTX 1060 Max-Q, 1060
5 GTX 1650 RX Vega M GH
6 GTX 1050-Ti GTX 1050-Ti
7 GTX 1050 RX 560 GTX 1050-Ti Max-Q, 1050 RX Vega M GL

Kebanyakan game-game modern saat ini mensyaratkan penggunakan kartu grafis dengan GPU kelas menengah. Nah, kalian yang ingin bermain game-game PC populer seperti PUBG atau Fortnite mungkin harus memiliki VGA card dengan GPU di atas.

GPU kelas menengah jelas punya kemampuan grafis yang jauh lebih baik ketimbang GPU kelas low-end. Dari segi spesifikasi atau fitur pun lebih bagus. Makanya, GPU kelas menengah ini mampu menghasilkan tampilan grafis hingga resolusi tinggi (4K misalnya). Bahkan, beberapa GPU di atas dapat menjalankan mode VR (Virtual Reality).

Pada beberapa waktu terakhir, GPU kelas menengah juga banyak digunakan untuk berburu mata uang digital atau mining (Bitcoin, Ethereum, dkk). Karena selain punya kemampuan kalkulasi kriptografi yang kencang, harganya tidak terlalu mahal dan biaya untuk daya listrik juga tidak terlalu besar.

Kelas High-end/Performance

Ranking Desktop Laptop
Nvidia AMD Nvidia AMD
1 RTX 2080-Ti
Titan RTX, V
2 Titan Xp, X Pascal
3 GTX 1080-Ti
4 RTX 2080, 2080S
5 RTX 2070-Super RX 5700 XT, 5700 XT Anniversary
Radeon VII
6 RTX 2070
7 RTX 2060-Super
GTX 1080
RX 5700, Vega 64-LC, Vega 64
8 GTX 1070-Ti RX Vega 56 RTX 2080 Max-Q
GTX 1080
9 GTX 1070 GTX 1080 Max-Q, 1070

Bagi kalian yang punya budget lebih, tidak ada salahnya untuk menggunakan kartu grafis dengan GPU kelas high-end ini. Dengan GPU ini, kalian bisa mendapatkan kemampuan grafis yang jauh lebih nyaman.
Dari segi performa, GPU ini tentu tidak diragukan lagi. Game PC modern dengan setting high/ultra dan resolusi 4K sekalipun, akan dilibas oleh GPU ini. Namun, tentu akan mubazir jika GPU ini hanya digunakan untuk urusan hiburan.

Sebaiknya, GPU ini juga digunakan untuk keperluan pekerjaan seperti desain grafis atau editing multimedia. GPU kelas high-end tentu mampu menampilkan objek grafis yang kompleks dengan mudah. Juga mampu melakukan transisi model dengan halus.

Kelas Professional/Workstation

Ranking Desktop Laptop
Nvidia AMD Nvidia AMD
1 Quadro P6000
2 Quadro GP100
3 RX Vega Frontier Edition
4 Quadro P4000, P5000 Radeon Pro WX 9100
5 Radeon Pro Duo Quadro P5200
6 Quadro P2000 Radeon Pro WX 7100 Quadro P3200
7 Radeon Pro WX 5100 Quadro P3000
8 Quadro P1000
9 Quadro P600 Radeon Pro WX 4100, WX 3100
10 Quadro P400 Quadro P500

Untuk kalian yang bekerja di dunia grafis/modeling 3D, bisa mempertimbangkan penggunaan kartu grafis dengan GPU kelas professional. Karena GPU kelas professional ini memang dirancang khusus untuk kebutuhan tersebut.

Secara spesifikasi atau arsitektur, GPU kelas professional mungkin tidak jauh berbeda dengan GPU yang banyak ditemui di pasaran. Salah satu hal yang menonjol dari GPU kelas professional yaitu kemampuan kalkulasi grafis yang sangat presisi.

Jika kalian bekerja dengan objek grafis/3D yang rumit, tekstur kompleks, dan dalam skala masif seperti desain perkotaan atau model infrastruktur, maka GPU ini akan sangat membantu kalian. GPU professional akan memberikan tampilan yang jauh lebih detil dan presisi tanpa harus mengalami lag/jaggies.

Oleh karena itu, GPU ini umumnya banyak dipakai oleh instansi atau badan usaha yang bergerak dibidang visual grafis professional. Perlu diketahui, harga kartu grafis dengan GPU ini mungkin terasa sangat mahal, namun tujuannya memang untuk peningkatan produktivitas kerja dan keuntungan.

Itulah daftar dan urutan GPU Nvidia, AMD, dan Intel berdasarkan tingkat kinerja update 2019. Daftar di atas mungkin berbeda dengan kinerja operasional yang didapatkan pada aplikasi secara real. Ini disebabkan karena adanya perbedaan skenario penggunaan atau spesifikasi teknis yang dipakai.

Tidak semua GPU Nvidia, AMD, atau Intel yang masuk dalam daftar di atas. Jika ada yang belum masuk, kalian dapat menyebutkan lewat kotak komentar di bawah. Semoga bermanfaat...


Referensi

Posting Komentar untuk "Urutan Performa GPU VGA Nvidia, AMD dan Intel Update 2019"