Beberapa Konsep dan Contoh Geografi | Newmarket

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

Geografi adalah proyek atau gambar dari objek, proses, atau apapun yang berhubungan dengan geografi.
Konsep Geografi merupakan elemen penting dalam memahami geografi fenomena atau kejadian alam dan sosial. Konsep penjelasan Geografi selalu berhubungan dengan distribusi, hubungan, fungsi, bentuk, pola dan acara.


KONSEP GEOGRAFI
Berikut ini adalah beberapa konsep geografi yang perlu kita ketahui sebagai pembelajaran termasuk:

konsep Lokasi
Konsepnya adalah lokasi konsep-konsep kunci yang akan digunakan untuk menentukan fenomena geosfer. Konsep lokasi dibagi atas:

Mutlak Lokasi: lokasi sesuai dengan posisi dalam lintang dan bujur adalah tetap. Contoh: Indonesia adalah antara 6 ° N-11 ° S dan antara 95 ° F-141 ° E.

Lokasi relatif: lokasi tergantung pada pengaruh daerah sekitarnya, dan sifatnya telah berubah. Contoh: Indonesia terletak di antara benua Asia dan Australia.

Konsep jarak
Dalam kehidupan sosial dan ekonomi, jarak memiliki arti. Dalam jarak geografis dapat diukur dengan dua cara, yaitu jarak geometrik di kilometer drive panjang, dan jarak waktu yang diukur dalam satuan waktu (jarak tempuh).

Konsep aksesibilitas
Sulit atau mudah tempat yang dapat diakses dipengaruhi oleh lokasi, kondisi jarak dan lokasi. Contoh: Surabaya-Jakarta dapat diakses dengan bus atau pesawat.

Model konsep
Pola ini pengaturan geometris biasa. Misalnya, penerapan model konsep adalah model permukiman memperluas mengikuti jalan atau sungai.

konsep geomorfologi
Geomorfologi adalah studi tentang bentuk permukaan bumi. Geografi tidak dapat dipisahkan dari bentuk-bentuk lain dari permukaan bumi, seperti pegunungan, bukit, lembah dan dataran. Hal inilah yang bisa menyebabkan permukaan bumi menjadi objek studi geografi.

konsep aglomerasi
Aglomerasi adalah kecenderungan konsolidasi dari fenomena yang berkaitan dengan aktivitas manusia. Sebagai contoh, industri distribusi regional, pusat belanja dan daerah pemukiman.

Konsep penggunaan nilai
Layanan yang diberikan oleh daerah bumi pada makhluk hidup, akan sama pada semua orang. Setiap nilai yang berguna adalah relatif. Misalnya, pantai memiliki nilai utilitas tinggi sebagai tempat rekreasi bagi warga kota yang telah tinggal di kerumunan, kebisingan dan hiruk pikuk.

konsep interaksi Interdependensi
Interaksi adalah hubungan interaksi antara gejala gejala lainnya. Contohnya adalah perbedaan kondisi antara daerah pedesaan dan perkotaan yang kemudian dapat menyebabkan suatu kegiatan interaksi, serta kebutuhan untuk distribusi makanan, urbanisasi dan transfer teknologi.

Zona Konsep diferensiasi
Fenomena ini berbeda antara tempat satu dengan yang lain. Contoh: daerah pedesaan yang khas, dan sawah.

Konsep tata ruang menghubungkan
Hubungan antara fenomena dengan fenomena lainnya adalah hubungan spasial. Sebagai contoh, hubungan antara lereng di daerah dengan ketebalan lapisan tanah dan hubungan antara daerah kapur dengan kelangkaan air.

Itulah pembahasan tentang Konsep dan Contoh geografi yang harus kita ketahui. Semoga menjadi pembahasan yang bermanfaat.

0 Response to "Beberapa Konsep dan Contoh Geografi | Newmarket"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel