Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Pertumbuhan Teknologi Komunikasi Dari Masa ke Masa

Sejarah Teknologi Data Komunikasi Komunikasi yang semakin banyak menghadapi kemajuan dari tahun ke tahun. Seperti ilmu lain yang terus tumbuh, ilmu tentang komunikasi ini pula terus hadapi pertumbuhan.

Sejarah Pertumbuhan Teknologi Komunikasi Dari Masa ke Masa
Pertumbuhannya dari masa ke masa terpaut dengan adanya sebagian aspek yang dikandung dalam pertumbuhan teknologi. Sehingga perihal itu jadi kebutuhan pokok manusia bagaikan mahluk sosial, yang tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain.

Tadinya, komunikasi cuma dapat dicoba antara orang yang tinggal bersebelahan. Wujud komunikasi, salah satunya cuma dicoba dicoba dengan silih bertegur sapa serta bicara sebatas area hidupnya saja. Dulu pula orang yang tinggal di Indonesia tidak mengenali apa yang terjalin di Amerika serta Eropa. Peristiwa semacam ini pasti tidak hendak kita dapati pada masa saat ini.

Dalam sebagian makalah dipaparkan kalau sejarah teknologi komunikasi ini dibagi jadi 3, berikut pembagiannya:

Masa Prasejarah: Pada masa ini manusia sudah menciptakan metode berbicara yang sangat efektif pada masanya, ialah berbentuk foto. Pasti kita sempat memandang fakta sejarah dari tata cara komunikasi ini, contohnya gambar- gambar yang ada di bilik gua yang menggambarkan tentang sesuatu kejadian.

Masa Sejarah: Masa sejarah ini dimulai dengan temuan kertas oleh bangsa Tiongkok. Sejak ditemuinya kertas, manusia bergeser dari menggambar di batu jadi menulis di kertas- kertas. Dari temuan ini, nantinya muncullah teknologi percetakan awal kali memakai kayu.

Masa Modern: Nah masa ini merupakan masa yang lagi kita lakukan dikala ini. Teknologi masa saat ini sangat jauh maju dibandingkan dengan teknologi masa- masa tadinya. Salah satu pionir pembawa pergantian pada teknologi komunikasi merupakan kala ditemuinya gelombang radio serta dibuatnya perlengkapan komunikasi Radio.

Di masa modern, banyak sekali ditemui perlengkapan teknologi komunikasi yang ditemui, sebagian temuan perlengkapan komunikasi diantaranya sebagaikan berikut:

  • Telegraf serta Kode Morse, perlengkapan ini ditemui oleh Samuel Morse dengan 2 temannya, Sir William Cook serta Charles Wheatstone pada tahun 1837
  • Meter Telepon, perlengkapan ini ditemui oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1877 yang pengembangannya bersumber pada teknologi telegraf dikala itu.
  • Fotografi, perlengkapan ini awal kali ditemui oleh Edward Maybridge pada tahun yang sama dengan ditemuinya telepon 1877
  • Meter Pita Penyimpan Magnetis, perlengkapan ini berupa tape yang didalamnya ada pita dari bahan mylar guna menaruh suara. Perlengkapan ini ditemui pada tahun 1899 
  • Meter Transistor, perlengkapan ini dibesarkan oleh periset di Bell Telephone pada tahun 1948.Perlengkapan ini pastinya yang memprakarsai timbulnya alat- alat berbasis transistor yang lain semacam tv serta satelit.
  • Jaringan Pc, awal mulanya jaringan pc ini digunakan dalam militer guna mengatur sistem pengeboman serta peluncuran kendali jarak jauh, empat tahun sehabis itu muncullah jaringan pc awal di Amerika Serikat pada tahun 1969 dengan kekuatan 50 Kbps. 


Pertumbuhan Teknologi Komunikasi di Indonesia

Pertumbuhan teknologi komuniksi serta data mulai menciptakan jalannya kala Indonesia meluncurkan satelit buat awal kalinya pada tahun 1972 yang diberi nama Satelit Palapa. Berkat satelit ini, arus data serta komunikasi di Indonesia tumbuh sangat pesat. Saat sebelum berkembangnya teknologi komunikasi, warga indonesia dulu berbicara dengan alat- alat komunikasi tradisional yang rata- rata sampai dikala ini masih dapat kita jumpai alatnya di pedalaman desa. Contohnya merupakan Kentongan.

Perlengkapan komunikasi tradisional yang satu ini pada masanya berperan bagaikan perlengkapan komunikasi massal guna mengumpulkan warga ataupun memberitahu warga tentang terbentuknya sesuatu peristiwa. Nah, pertumbuhan teknologi komunikasi di indonesia mulai terasa geliatnya kala pada dini tahun 90- an telepon selular masuk ke indonesia. Pasti kamu ingat dengan pabrik hp terbanyak kala itu, pabrik itu bernama Nokia.

Walaupun dahulu telepon selular baru dapat digunakan bagaikan perlengkapan buat nelpon serta sms yang tidak lebih dari 200an kepribadian, perlengkapan ini sukses booming serta jadi pionir kemajuan teknologi komunikasi secara massal

Disisi yang lain, teknologi data pula hadapi kemajuan yang pesat apalagi saat sebelum teknologi komunikasi tumbuh di Indonesia. Teknologi ini tidak lain serta tidak bukan merupakan teknologi internet. Teknologi internet ini mulai tumbuh pesat di Indonesia pada tahun 1993. Pionir pergantian serta kemajuan internet ini merupakan Universitas Indonesia yang dikenal FASILKOM ( Fasilitas Ilmu Komputer). Pada bertepatan pada 4 Maret 1993, buat awal kalinya Indonesia secara formal tersambung dengan internet memakai protokol TCP/ IP serta domain. id.

Setelah itu setahun selanjutnya pada 1994 muncullah Internet Service Provider( ISP) awal di Indonesia dengan nama indonet. Sehabis itu, tahun selanjutnya PT Telkom dengan divisi teknologinya sediakan sambungan leased line 14,4 Kbps awal kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Universal Indonesia( www. pu. go. id).

Nah, sehabis kemajuan ini, internet di Indonesia dalam 3 tahun hadapi kemajuan yang sangat pesat, apalagi dalam penuturan salah seseorang pakar Indonesia ialah salah satu negeri dengan kemajuan teknologi internet tercepat bersama sebagian negeri lain. Baru sehabis itu dikeluarkan lah Undang- Undang tentang Telekomunikasi pada tahun 1999.

Kemajuan teknologi memiliki akibat positif serta negatif dalam sebagian aspek, diantara lain:

Bidang Ekonomi
(+) Akibat Positif: Perkembangan ekonomi terus menjadi besar Terbentuknya industrialisasi Produktifitas dalam bermacam tingkatan ekonomi semakin bertambah.

(-) Akibat Negatif: Akibat negatif dalam bidang ekonomi merupakan timbulnya bermacam permasalahan penipuan berbasis teknologi.

Bidang Politik
(+) Akibat Positif: Mudahnya tercapai sesuatu tujuan politik dengan teknologi komunikasi serta data Ramah area, teknologi ini tidak menimbulkan akibat yang signifikan pada area dekat. Kilat, efektif, aman serta gampang Terhubungnya politik dalam negara dengan dunia luar ataupun dengan kata lain, politik internasional hadapi kemajuan pesat berkat teknologi komunikasi ini.

(-) Akibat Negatif: Bayaran yang yang dikeluarkan cukup mahal Jangkauan akses yang kurang menyeluruh diseluruh pelosok negara Transparansi yang kurang Pribadi yang terus menjadi susah dilindungi.

Bidang Sosial
(+) Akibat Positif: Dalam bidang sosial, kemajuan teknologi komunikasi serta data sangat pengaruhi sikap warga secara luas. Contohnya dikala ini teknologi komunikasi cetak semacam koran serta majalah telah mulai ditinggalkan serta bergeser ke media online. Begitu pula dalam sosial bisnis spesialnya berdagang. Dengan pertumbuhan teknologi komunikasi yang pesat, model berdagang konvensional telah mulai berganti dari yang tadinya menempati lahan tertentu, saat ini bergeser ke lahan virtual.

(-) Akibat Negatif: Akibat negatif yang sangat terasa merupakan warga yang tinggal di pedalaman terus menjadi tertinggal dengan kemajuan teknologi ini. Setelah itu dalam ranah sosial budaya pula terjalin penyimpangan yang sangat mengkhawatirkan, ialah dengan maraknya web pornografi serta oknum- oknum yang sediakan akses nya.

Akibat positif bisa jadi perlengkapan ataupun fasilitas untuk kemajuan bangsa kita, sebaliknya akibat negatif semaksimal bisa jadi dihindari, supaya akibat itu tidak meracuni bangsa Indonesia.
Untuk itu gunakanlah fasilitas ini sebaik-baiknya agar selalu menjadi manfaat bagi diri kita dan juga buat orang lain.