Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek + Cara Memperpanjang Masa Aktif Smartfren + Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren

Cara Cek + Cara Memperpanjang Masa Aktif Smartfren + Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren - Apakah Anda menghadapi masalah kartu Smartfren yang terbakar dan tidak tahu bagaimana mengatasinya? Padahal, ada beberapa trik untuk memperpanjang masa aktivitas Smartfren. Dengan cara ini, Anda dapat tetap berhubungan dengan keluarga yang kontaknya disimpan di kartu sim.

Smartfren adalah salah satu dari banyak penyedia terkenal dan dicari. Namun, kartu ini juga bisa kadaluwarsa karena berbagai alasan. Salah satunya karena Anda lupa melakukan top up saldo hingga masa tenggang habis. Jika demikian, kartu tidak dapat digunakan secara otomatis lagi.

Cara Cek + Cara Memperpanjang Masa Aktif Smartfren + Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren 

Cara Praktis Mengecek Pulsa di Kartu Smartfren

Agar masa aktif kartu Smartfren tidak habis, nasabah diwajibkan untuk melakukan top up saldo secara berkala. Plus, jangan biarkan kredit habis atau tetap diam. Untuk mengecek kredit di kartu Smartfren Anda, ada beberapa hal yang bisa diterapkan. Mereka adalah sebagai berikut:

1. Via SMS

Via-SMS

Mengecek pulsa via sms sebenarnya sangat simple. Tinggal ketik “CEK” kemudian kirim ke “999”. Setelah itu, tunggu hingga mendapat pesan balasan dari provider. Isinya adalah sisa pulsa dan masa aktif kartu.

2. Via Telepon

Via-Telepon

Selanjutnya adalah melalui telepon. Langkah-langkahnya ada di bawah ini :

  1. Buka menu “Dial Up”
  2. Ketikkan *999#
  3. Tekan YES/OK
  4. Tunggu balasan dari provider yang akan dikirim melalui pesan singkat (SMS)

3. Via Aplikasi

Via-Aplikasi

Selain untuk mengecek pulsa, mengunduh aplikasi Smartfren juga akan memberikan banyak keuntungan bagi pelanggan. Termasuk mendapatkan informasi promo paling update dari provider. Apalagi, ukuran file-nya juga kecil, dijamin tidak akan membuat penuh memori.

Berikut adalah langkah cek pulsa via aplikasi Smartfren :

  1. Download aplikasi melalui PlayStore
  2. Install di device smartphone
  3. Pengguna akan langsung terhubung dengan akun virtual
  4. Pada beranda awal akan ditampilkan jumlah pulsa yang dimiliki, lengkap dengan kuota internet, sms, dan panggilan (jika ada). Selain itu, masa aktif juga akan muncul, sehingga pelanggan tahu kapan harus isi ulang pulsa.

4. Via Voice

Via-Voice

Pengecekan pulsa melalui suara dapat dilakukan dengan cara :

  1. Buka menu “Dial Up”
  2. Tekan nomor 999
  3. CALL
  4. Provider akan memberikan petunjuk suara mengenai langkah yang harus dilakukan selanjutnya

 

5. Via Website Official

Via-Website-Official

Cara mengecek pulsa yang terakhir adalah via web browser. Berikut di bawah ini adalah panduannya :

  1. Kunjungi situs resmi “My Smartfren”
  2. Login menggunakan username serta password (jika belum mempunyai akun, silahkan klik bagian “Registrasi” terlebih dahulu)
  3. Setelah sukses login, pelanggan dapat melihat berbagai informasi, termasuk juga pulsa yang dimiliki

Cara Mengecek Nomor Kartu Smartfren 

Setelah mengetahui cara mengecek periode aktivitas Smartfren Anda dengan sisa saldo. Pelanggan juga harus mengetahui cara memverifikasi nomor simcard dari provider. Ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, termasuk berikut ini:

1. Melalui Telepon

Melalui-Telepon

Mengetahui nomor melalui layanan telepon sangatlah mudah. Tinggal ketik *995*. Kemudian tekan YES/OK. Setelahnya, tunggu beberapa saat hingga mendapatkan informasi mengenai nomor yang digunakan.

2. Melalui SMS

Melalui-SMS

Layanan SMS juga bisa jadi solusi mengecek nomor hp. Caranya gampang, cukup ketik “INFO, kemudian kirim ke “995”. Nantinya pelanggan akan mendapatkan SMS balasan dari pihak provider.

3. Melalui MySmartfren

Melalui-MySmartfren

Untuk mendapatkan berbagai informasi termasuk nomor telepon dari MySmartfren. Pelanggan diharuskan untuk menginstal aplikasi terlebih dahulu. Setelah itu, buka plikasi dan lakukan registrasi sehingga bisa mengakses layanannya.

4. Melalui Layanan Operator

Melalui-Layanan-Operator.

Informasi mengenai nomor telepon juga bisa didapatkan dengan menghubungi layanan operator di “995” atau “500”. Nantinya panggilan akan dijawab oleh customer service.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Smartfren Kadaluarsa

Ada beberapa cara untuk memperpanjang masa aktif Smartfren agar provider tidak membakarnya. Bagi yang belum tahu, tips di bawah ini bisa dijadikan bahan referensi: 

1. Isi Pulsa

Mengisi pulsa merupakan cara paling praktis untuk perpanjang masa aktif kartu secara otomatis. Tentunya jangka waktu aktif akan bergantung pada berapa jumlah saldo yang dibeli. Disini akan dijelaskan rincian lengkapnya :

  • Masa aktif 7 hari – mengisi pulsa Rp. 5.000
  • Masa aktif 15 hari – mengisi pulsa Rp. 10.000
  • Masa aktif 30 hari – mengisi pulsa Rp. 20.000 – Rp. 25.000
  • Masa aktif 60 hari – mengisi pulsa Rp. 50.000
  • Masa aktif 75 hari – mengisi pulsa Rp. 60.000
  • Masa aktif 120 hari – mengisi pulsa Rp. 100.000
  • Masa aktif 150 hari – mengisi pulsa Rp. 150.000 – Rp. 200.000
  • Masa aktif 180 hari – mengisi pulsa Rp. 300.000

Bagaimana kalau lupa mengisi pulsa dan kartu terblokir? Mungkin sebagian pengguna kartu hemat Smartfren pernah mengalami hal ini. Saat pertama mengetahuinya, pasti akan merasa sangat gusar. Namun sebenarnya tidak harus khawatir karena kartu yang sudah mati masih bisa diaktifkan kembali.

Di bawah ini adalah syarat untuk mengaktifkan kartu yang terlanjur hangus :

  1. Membawa kartu identitas diri (KTP, Kartu Pelajar/ Mahasiswa Aktif, SIM, dan sebagainya)
  2. Kartu Keluarga Asli/ Foto Copy
  3. Masa kadaluarsa tidak lebih dari 3 bulan sejak terminate
  4. Membeli paket jenis pascabayar (cash atau via kartu kredit)
  5. Datang ke gerai Smartfren terdekat

Setelah kartu yang sudah mati diaktifkan kembali, maka simcard akan jadi kartu pascabayar seperti pada umumnya. Sementara itu, masa tenggang kartu Smartfren terbagi atas 2 tipe, yakni :

2. One Way Block

Pelanggan tidak bisa mengirim pesan atau melakukan panggilan keluar, tidak memiliki akses internet, dan layanannya jadi lebih terbatas. Namun, masih tetap bisa menerima panggilan dan pesan masuk.

3. Two Way Block

Setelah masa tenggang One Way Block, pelanggan akan memasuki masa tenggang Two Way Block dalam jangka 30 hari. Pada tahap ini, pengguna akan kehilangan semua layanan dari Smartfren. Bahkan juga tidak akan dapat menerima incoming call lagi.

Demikianlah yang bisa kami bahas tentang  Cara Cek + Cara Memperpanjang Masa Aktif Smartfren + Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren, apabila ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar ya.

Posting Komentar untuk "Cara Cek + Cara Memperpanjang Masa Aktif Smartfren + Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren"